skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Penyakit Aterosklerosis Adalah …

Penyakit Aterosklerosis Adalah …

Aterosklerosis (Atherosclerosis) merupakan istilah umum untuk beberapa penyakit, dimana dinding arteri menjadi lebih tebal dan kurang lentur. Penyakit yang paling penting dan paling sering ditemukan adalah aterosklerosis, dimana bahan lemak terkumpul dibawah lapisan sebelah dalam dari dinding arteri.

Aterosklerosis bisa terjadi pada arteri di otak, jantung, ginjal, organ vital lainnya dan lengan serta tungkai. Jika aterosklerosis terjadi di dalam arteri yang menuju ke otak (arteri karotid), maka bisa terjadi stroke. Jika terjadi di dalam arteri yang menuju ke jantung (arteri koroner), bisa terjadi serangan jantung.

Penyebab Penyakit Aterosklerosis

Aterosklerosis terutama berkaitan dengan diet yang terlalu banyak mengandung kolesterol, hal yang semakin umum di masyarakat saat ini. Kolesterol adalah jenis lemak yang sangat penting untuk tubuh kita. Sebagian kolesterol diproduksi oleh tubuh (terutama di hati), sedangkan sebagian lainnya didapatkan dari makanan.

Jumlah kolesterol dalam darah tidak boleh melebihi 200 mg per 100 ml darah, walaupun mungkin ada sedikit perbedaan untuk nilai tersebut menurut usia, jenis kelamin dan ras. Kita tahu bahwa ada dua jenis kolesterol: HDL yang baik berperan melindungi terhadap aterosklerosis dengan menghapus LDL yang buruk dari dinding arteri.

HDL bertindak seperti “pemulung” yang memunguti sampah-sampah LDL di sepanjang dinding arteri. Bila “sampah” terlalu banyak atau “pemulung” terlalu sedikit, maka “sampah” akan menumpuk menjadi plak berbahaya.

Gejala Penyakit Aterosklerosis

Salah satu tanda pertama aterosklerosis adalah timbulnya nyeri di daerah dada. Kondisi ini secara medis disebut juga sebagai angina pectoris yaitu mengerutnya otot jantung karena kurangnya pasokan oksigen (myocardial iscehmia).

Rasa sakit yang timbul bisa amat hebat dan terutama terasa di daerah tulang dada. Rasa nyeri mungkin juga menjalar ke bahu, punggung, lengan, leher, atau rahang.

Tanda dan gejala klinis akibat aterosklerosis tergantung pada organ atau jaringan yang terkena. Bila mengenai otak dapat menyebabkan penyakit serebrovaskuler seperti iskemia serebral transien atau TIA dan stroke. Pada aorta dan lesi aterosklerotik pada ekstremitas juga dapat terjadi.

Berikut Beberapa Gejala Aterosklerosis:

  • Sering mengalami pusing di belakang kepala
  • Keluhan tengkuk dan pundak sering terasa pegal
  • Hipertensi
  • Lemah dan lelah
  • Kram atau kelumpuhan otot-otot
  • Persaan tertekan
  • Mual dan berkeringat
  • Aritmia atau detak jantung tidak teratur
  • Dada terasa sesak dan rasa sakit yang menyebar dari bagian dada lengan kiri dan bahu
  • Bila menyumbat arteri di otak dpat menyebabkan mati secara tiba-tiba, sulit bicara dan lumpuh sebagian tubuh.

Pencegahan Penyakit aterosklerosis

  1. Perbanyak konsumsi minyak ikan

Minyak ikan diperkaya dengan omega-3, salah satu bentuk dari kolesterol baik. Nah, kadar kolesterol yang seimbang akan menguntungkan sistem kardiovaskular dan mencegah penumpukan kolesterol buruk dalam arteri atau pembuluh darah.

  1. Jauhi makanan siap saji

Untuk mencegah peningkatan kadar lemak jenuh, jangan mengkonsumsi makanan siap saji terlalu sering. Makanan ini umumnya banyak mengandung lemak terhidrogenasi yang membuat kondisi aterosklerosis makin parah.

  1. Hindari daging merah

Penderita aterosklerosis harus menjauhi daging merah, yang dapat meningkatkan kadar trigliserida karena kandungan lemak di dalamnya.

  1. Perbanyak makan bayam

Sayuran terbaik untuk mencegah risiko aterosklerosis adalah bayam. Sayur ini mampu menghambat enzim angiotensin, sehingga dapat menjaga tekanan darah tetap normal.

Bayam juga diperkaya dengan mineral penting seperti mangan, selenium, dan betakaroten yang efektif untuk mengurangi penyumbatan pada arteri. Bayam juga memiliki sifat anti-inflamasi, yang meredakan peradangan pada pembuluh darah.

  1. Olahraga teratur

Selain berguna untuk menjaga kesehatan jantung, olahraga efektif untuk mencegah penumpukan lemak jahat dalam tubuh.

Dengan olahraga teratur, maka sirkulasi darah menjadi lancar. Manfaat olahraga termasuk untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh, sehingga lemak jenuh dapat dibakar menjadi energi.

Apa Itu Heartcare?

HeartCare adalah Produk yang diproduksi oleh PT. Autoimun Care Indonesia (PT. AICI) merupakan Formula Organik yang diproduksi dengan teknologi canggih yaitu Autofermentasi Nanotechnology.
Heartcare berperan dalam regenerasi sel karena memiliki kandungan Flavonoid dan Alkaloid yang merupakan rangkaian biopolimer yang berfungsi membersihkan racun dalam darah serta memperbaiki sel-sel tubuh yang telah usang.

Tim Formulator kami melakukan berbagai penelitian dengan melibatkan berbagai bahan-bahan Alami berkualitas yang memakan waktu panjang untuk mendapatkan hasil terbaik agar dapat menyembuhkan Penyakit jantung.