skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Definisi Penyakit Aterosklerosis!

Definisi Penyakit Aterosklerosis!

Istilah aterosklerosis berasal dari bahasa Yunani terdiri dari dua kata yaitu athero yang berarti pasta atau bubur dan sklerosis yang berarti pengerasan.

Jadi dapat disimpulkan aterosklerosis adalah suatu proses pengerasan pada pembuluh darah yang ditandai oleh penimbunan sejumlah substansi berupa endapan lemak, kolesterol, trombosit, sel makrofag, leukosit, kalsium dan produk sampah seluler lainnya.

Yang terbentuk di dalam lapisan tunika intima hingga tunika media, yang disebut sebagai plak ateroma. Plak tersebut berwarna kuning karena mengandung lipid dan kolesterol.

Gejala Penyakit Aterosklerosis

  1. Sakit Kepala

Walaupun sakit kepala merupakan gejala dari banyak penyebab seperti stres atau kelelahan, sakit kepala kronis juga bisa menjadi tanda terjadinya penyempitan penyakit jantung Aterosklerosis.

  1. Kehilangan Memori

Kekurangan aliran darah melalui arteri otak dapat menyebabkan ketidakmampuan untuk berkonsentrasi serta kehilangan memori atau (kepikunan).

Waspadai, kehilangan memori juga bisa menjadi tanda aterosklerosis akibat tersumbatnya arteri otak yang menyuplai oksigen dan nutrisi bagi otak jika tidak segera di tangani akan menyebabkan stroke.

  1. Nyeri Dada

Ketika plak terbentuk dalam arteri jantung dan menghambat aliran darah, nyeri dada dapat terjadi. Saat mengalami nyeri dada, segera temui dokter karena kondisi ini dapat menjadi gejala akan terjadinya serangan jantung dadakan.

  1. Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi sering menyertai kondisi seperti aterosklerosis. Seseorang dengan tekanan darah tinggi harus memonitor tekanan darahnya serta mengonsumsi obat-obatan yang diresepkan dokter.

  1. Cepat Lelah

Perhatikan terjadinya kelelahan yang tidak biasa. Berkurangnya aliran darah melalui arteri dapat menyebabkan seseorang merasa cepat lelah tanpa sebab yang jelas.

  1. Peningkatan Kadar Kolesterol

Kadar kolesterol tinggi adalah salah satu tanda peringatan utama yang berhubungan dengan aterosklerosis. Seseorang dengan kadar kolesterol tinggi, harus memeriksakan diri dan berkonsultasi dengan dokter perihal metode yang paling tepat untuk mengurangi kadar kolesterol yang tinggi.

  1. Nyeri Otot

Berkurangnya aliran darah melalui arteri dapat menyebabkan rasa sakit atau kram di lengan atau kaki kadang kadang kesemutan yang luar biasa.

Penyebab Penyakit Aterosklerosis

Aterosklerosis bermula ketika sel darah putih yang disebut monosit, pindah dari aliran darah ke dalam dinding arteri dan diubah menjadi sel-sel yang mengumpulkan bahan-bahan lemak. Pada saatnya, monosit yang terisi lemak ini akan terkumpul, menyebabkan bercak penebalan di lapisan dalam arteri.

Setiap daerah penebalan (yang disebut plak aterosklerotik atau ateroma) yang terisi dengan bahan lembut seperti keju, mengandung sejumlah bahan lemak, terutama kolesterol, sel-sel otot polos dan sel-sel jaringan ikat.

Ateroma bisa tersebar di dalam arteri sedang dan arteri besar, tetapi biasanya mereka terbentuk di daerah percabangan, mungkin karena turbulensi di daerah ini menyebabkan cedera pada dinding arteri, sehingga disini lebih mudah terbentuk ateroma.

Arteri yang terkena aterosklerosis akan kehilangan kelenturannya dan karena ateroma terus tumbuh, maka arteri akan menyempit. Lama-lama ateroma mengumpulkan endapan kalsium, sehingga menjadi rapuh dan bisa pecah.

Darah bisa masuk ke dalam ateroma yang pecah, sehingga ateroma menjadi lebih besar dan lebih mempersempit arteri. Ateroma yang pecah juga bisa menumpahkan kandungan lemaknya dan memicu pembentukan bekuan darah (trombus).

Selanjutnya bekuan ini akan mempersempit bahkan menyumbat arteri, atau bekuan akan terlepas dan mengalir bersama aliran darah dan menyebabkan sumbatan di tempat lain (emboli).

Resiko terjadinya aterosklerosis meningkat pada:

  • Tekanan darah tinggi
  • Kadar kolesterol tinggi
  • Perokok
  • Diabetes (kencing manis)
  • Kegemukan (obesitas)
  • Malas berolah raga
  • Usia lanjut.

Pria memiliki resiko lebih tinggi daripada wanita. Penderita penyakit keturunan homosistinuria memiliki ateroma yang meluas, terutama pada usia muda. Penyakit ini mengenai banyak arteri tetapi tidak selalu mengenai arteri koroner (arteri yang menuju ke jantung).

Sebaliknya, pada penyakit keturunan hiperkolesterolemia familial, kadar kolesterol yang sangat tinggi menyebabkan terbentuknya ateroma yang lebih banyak di dalam arteri koroner dibandingkan arteri lainnya.

Apa Itu Heartcare?

HeartCare adalah Produk yang diproduksi oleh PT. Autoimun Care Indonesia (PT. AICI) merupakan Formula Organik yang diproduksi dengan teknologi canggih yaitu Autofermentasi Nanotechnology.
LupusCare berperan dalam regenerasi sel karena memiliki kandungan Flavonoid dan Alkaloid yang merupakan rangkaian biopolimer yang berfungsi membersihkan racun dalam darah serta memperbaiki sel-sel tubuh yang telah usang.

Tim Formulator kami melakukan berbagai penelitian dengan melibatkan berbagai bahan-bahan Alami berkualitas yang memakan waktu panjang untuk mendapatkan hasil terbaik agar dapat menyembuhkan Penyakit jantung.